oleh

Dosen Komunikasi UNAND: Siaran FTA Gratis Mendorong Pemerataan Informasi di Wilayah Perbatasan

-Nasional-333 views

Padang,Kompasindo.net-Masih banyaknya daerah di Indonesia yang belum bisa menikmati layanan siaran tv swasta free to air turut menjadi keprihatinan dosen ilmu komunikasi Universitas Andalas (UNAND), Padang. Dr.Elva Ronaning Roem, S.Sos, M.Si.

Elva Rona mengutarakan, “sangat prihatin masih banyaknya warga masyarakat yang belum bisa menikmati layanan tv swasta free to air, namun masyarakat saat ini terbilang cerdas, meskipun mereka tidak bisa menikmati siaran tv swasta free to air, mereka berusaha menggunakan parabola (tv berlangganan). Akses siaran televisi melalui parabola tentu menjadi sebuah pilihan untuk mendapatkan hiburan ataupun informasi”, ujarnya.

Elva Rona sangat mendukung keputusan KPI dalam rakornas KPI pada tahun 2019, di Samarinda, yang memutuskan bahwa siaran free to air gratis di lembaga penyiaran berlangganan, “dengan adanya program tersebut dapat membantu kepentingan masyarakat di wilayah ekonomi kurang maju dan wilayah perbatasan untuk memperoleh informasi serta dapat memperluas bisnis mereka. Keputusan KPI ini sangat baik sekali dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui penyiaran”, Elva Rona menegaskan .

Elva Rona juga berharap pemerintah mendorong pemerataan informasi, “Pemerintah perlu mendorong pemerataan informasi melalui program yang inovatif dari pemerintah daerah untuk kepentingan wilayah ekonomi kurang maju dan perbatasan agar dapat membendung informasi dari negara lain,”.

Hal yang hampir sama pernah disampaikan oleh Prof.Dr.Alo Liliweri. M.S, Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang, yang sangat setuju dengan kebijakan KPI di Rakornas, “masyarakat di daerah diuntungkan dengan kebijakan tersebut, mereka bisa menikmati siaran hiburan, pendidikan, informasi yang sangat murah sehingga mereka akan tahu semua yang disiarkan, terutama untuk masyarakat pedesaan dan di perbatasan negara RI,”pungkas Prof.Dr.Alo Liliweri.(Red)

News Feed