oleh

KPAI Selenggarakan Halaqah Perlindungan Anak

-Nasional-300 views

KPAI Selenggarakan Halaqah Perlindungan Anak

Jakarta, Kompasindo.net –
KPAI menyelenggarakan kegiatan Halaqah Perlindungan Anak dengan tema “Peran Tokoh Agama dalam Membangun Budaya Perlindungan Anak, untuk mewujudkan SDM Unggul ” yang diselenggarakan di Hotel Red Top Pecenongan, Jakarta, Rabu (20/11).

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang merupakan Lembaga Negara Independen memiliki tugas sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 35 tahun 2014 Tentang Perubahan Undang-Undang No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Berdasarkan pasal 76 KPAI memiliki tugas: (1) Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan perlindungan dan pemenuhan anak;
(2) Memberikan masukan dan usulan dalam perumusan kebijakan tentang penyelenggaraan Perlindungan Anak; (3) Mengumpulkan data dan informasi mengenai Perlindungan Anak; (4) Menerima dan melakukan penelaahan atas pengaduan masyarakat mengenai pelanggaran Hak Anak;
(5) Melakukan mediasi atas sengketa pelanggaran Hak Anak;
(6) melakukan kerjasama dengan lembaga yang dibentuk masyarakat dibidang perlindungan anak; dan
(7) memberikan laporan kepada pihak berwajib tentang adanya dugaan pelanggaran terhadap Undang-undang ini.

Menurut Ketua KPAI, Dr. Susanto, MA ” Penyelenggara negara baik pusat maupun daerah harus Komit meningkatkan penyelenggaraan kualitas perlindungan anak, dan organisasi sosial, agama, dan pendidikan, harus melakukan inovasi agar perlindungan anak terintergrasi dalam kutbah, ceramah keagamaan dalam proses pelayanan pendidikan.”
” Kami harapkan para pengusaha media harus konsen pada perlindungan anak dan kedepannya akan semakin lebih baik lagi,” tutupnya mengakhiri. (MS Riz)

News Feed