oleh

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid di HPSN 2020 Ajak Masyarakat Kelola Sampah dengan Baik dapat Menghasilkan Ekonomi bagi Masyarakat

-Jabodetabek-240 views

Jakarta,Kompasindo.net-Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menghadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2020 di Jalan Cempaka Putih Timur XVII, RW 03, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, Jum’at (21/2/2020).

Dalam acara tersebut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup And ono Warih, para Camat, dan Lurah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih melaporkan Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tanggal 21 Februari agar tidak terulang kembali tragedi di Cimahi Februari lalu, HPSN dilakukan dengan kerja bakti semua anggota masyarakat, para pekerja, dan pengusaha, Gerakan pengelolaan sampah dengan prinsip pengelolaan profesional dan adanya Tagline Kupilah, adanya pengurangan dan pengelolaan dan pemilihan sampah bagi SKPD dan masyarakat, dan adanya penggunaan kantong belanja ramah lingkungan kepada pasar modern dan tradisional agar tidak terjadi penimbunan sampah kantong belanja yang tidak ramah lingkungan susah terurainya, ”katanya.

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan,
peristiwa longsor sampah yang terjadi di Leuwi Gajah merupakan peristiwa yang tidak bisa dilupakan, pasalnya longsoran tersebut menimpa 2 desa dengan korban jiwa 157 orang.

“Peristiwa ini menggambarkan pentingnya pamahaman terhadap sampah. Kita harus bisa merubah mainset bahwa sampah bisa didaur ulang kembali dengan berupaya mengurangi, memilah dan mengolah sampah,” ujar Anies.

Anies melanjutkan kita kurangi pilah olah, sisa residu di Jakarta sisanya 7600 ton, maka semuanya kita buang kita jauhkan, kita ubah kita urus sama-sama Samtama (Sampah Tanggung Jawab Bersama), peringatan ini mengingatkan kita di Jakarta menghasilkan 7600 ton, kita fikiran sama-sama, target 30% kita olah bersama, Insya Allah kita dapat mengurangi sampah dan sisanya kita kirim. Ke PTSP, “jelasnya.

Kita olah dilingkungan masing-masing sebanyak 30% dan sisa pemerintah yang ambil untuk diolah menjadi energi, jadikan tempat ini percontohan dam masyarakat melihat dari dekat, kita akan sehat dan lebih baik jika kita merawat dan. Mengolah sampah itu ditempat kita, harapkan perekonomian akan bergerak memanfaatkan sampah menjadi ekonomi yang bermanfaat bagi keluarga, “pungkasnya (Rizal)

News Feed