oleh

SAHABAT UMKM JAKARTA YOUNGPREUNEUR.ID DALAM RAKORDA KE-2

-Ekbis-281 views

Jakarta,Kompasindo.net– Sahabat UMKM BPD DKI Jakarta merupakan komunitas yang fokus pada pengembangan daya tahan Usaha Kecil Menengah yang berada di Jakarta. Bekerjasama dengan Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Sahabat UMKM melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah Ke-2 di Gedung Teater Kemenpora yang dimulai pada pukul 10.00 dan berakhir pada 12.00.
Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA), dihadiri langsung oleh Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Sahabat UMKM Jakarta, Ibu Anggi Mokoginta serta para pengurus BPD DKI Jakarta dan jajaran pengurus BPP Sahabat UMKM. Dalam RAKORDA Ke-2 ini pengurus harian Sahabat UMKM memaparkan rencana program kerja yang dilaksanakan satu tahun kedepan. Ditahun ini Program Sahabat UMKM akan menitikberatkan pada Program Pelatihan guna menguatkan pondasi UMKM khususnya di DKI Jakarta. Program tersebut akan dilaksanakan dengan kolaborasi bersama dengan Perpustakaan Nasional, KOLEGA, BLIBLI.COM dan partner lainnya. Usaha ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Sahabat UMKM tehadap pengembangan usaha kecil menengah di Indonesia.
Ada pun pengurus Sahabat UMKM terdiri dari para pelaku UMKM dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda. Yang memiliki dedikasi dan visi yang sama, yaitu kepedulian untuk memajukan dan meningkatkan daya saing UMKM Indonesia di tengah era persaingan digital yang semakin kuat. Serta menumbuhkan minat berwirausaha di generasi muda.
Oleh karena hal tersebut, di tahun ini, dalam rangkaian RAKORDA Sahabat UMKM Jakarta juga dilaksanakan Talkshow & Sharing Inspiratif yang mengangkat tema “Youngpreneurship On Industry 5.0”. Dalam acara yang di buka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang diwakili tenaga ahli Menteri yaitu Bpk. Syamsul Qomar SE, dilaksanakan Launching dan Rebranding Youngpreneur.id, sebuah komunitas yang beranggotakan alumni program kewirausahaan pemuda dan kuliah wirausaha yang awalnya bernama Sahabat Alumni Program Penumbuhan Minat Wirausaha. Komunitas ini merupakan output program Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda yang di mentoring oleh Komunitas Sahabat UMKM DKI Jakarta.
Talkshow yang berbentuk diskusi panel ini, terdiri dari 2 sesi. Sesi pertama di isi oleh Alia Laksono (staff khusus Menpora RI), Intan Kusuma Fauzia (CEO Vanilla Hijab), Rici Solihin (CEO Paprici) dan di moderator oleh Marsya Gusman (Miss Internet 2018). Dengan tema “Sharing pengalaman terkait perkembangan wirausaha di kalangan millennial dan pelaku UMKM”. Sesi kedua di isi oleh Patria Firdausi Mabrur (M-Direct), Imam Choirul (CEO Top Score) dan di moderator oleh Marsya Gusman. Mengangkat tema “Strategi mendapatkan akses permodalan dan membuat Pitching Bisnis yang baik secara sederhana”.
Besar harapan, talkshow dan sharing inspiratif tersebut dapat memacu minat generasi muda untuk berwirausaha. Terlebih sesuai dengan arahan Menteri Pemuda dan Olahraga, yaitu betapa perlunya, mengawal dan mendorong perkembangan wirausaha di era persaingan digital dan revolusi Industri 4.0. *(Hasan wd)

News Feed