oleh

Syahrir Analis Fiskal dan Moneter : Sungai Danau Berpotensi Untuk Dimandirikan

-Daerah-316 views

KALIMANTAN SELATAN, kompasindo.net-Daerah Sungai Danau, Kec. Satui, Kab. Tanah Bumbu, berpotensi di mekarkan jadi Kabupaten. Pasalnya, daerah tersebut memiliki jarak yang cukup jauh, dalam hitungan ratusan kilometer, dari Ibu Kota Kab. Tanah Bumbu Prov. Kalimantan Selatan.

Di posisi peta Prov. Kalimantan Selatan, Sungai Dana, terletak di Kecamatan Satui, Kab. Tanah Bumbu. Beralasan, dimekarkan, adalah untuk lebih memajukan pembangunan daerah dan percepatan pelayanan masyarakat,

Sungai Danau yang diapit dua ibu kota kabupaten, yakni ibu kota kab. Tanah Laut, Plaihari dan Ibu Kota Kab. Batu Licin, Tanah Bumbu, sangat berpotensi untuk di mandirikan.

Jarak tempuh yang demikian jauh, antar daerah kabupaten, imbasnya, melahirkan permasalahan pelayanan masyarakat, seperti pelayanan rumah sakit. Termasuk pembangunan sangat jauh tertinggal dibanding daerah lainnya, seperti pasar dan fasilitas umum lainnya. Dari ketertinggalan tersebut, maka realitasnya, di saat masyarakat mengurus Kartu Tanda Penduduk, mengharuskan berangkat ke Batu Licin, hingga harus bermalam.

Kini Sungai Danau, yang memutar roda bisnis transaksi batu bara hingga ratusan triliun rupiah, memiliki 15 desa, dan juga jarak antar desa hitungannya puluhan kilometer.

“Jika di lihat dari semua sisi, dan dari berbagai syarat, maka super layak Sungai Danau jadi Kabupaten” ujar Syahrir Analis Fiskal dan Moneter, saat berkunjung pekan lalu di Sungai Danau.

Alasan lain menurut Syahrir, jika dilihat dari sisi pemberdayaan masyarakat, maka jauh lebih produksi dan berpotensi menciptakan kemajuan jika benar – benar Sungai Danau di mekarkan jadi kabupaten.

“Jika terwujud, untuk di usulkan Sungai Danau jadi Kabupaten Otonomi, maka bisa meliputi, Kec. Satui, Kec. Angsana, Kec. Kuranji, Kec. Sungai Loban, dan Kec. Kintap,” pungkas Syahrir.

News Feed