oleh

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2019 Koperasi Serba Usaha Susu Bendera (KSUSB)

-Ekbis-2.724 views

JAKARTA,Kompasindo.net– Koperasi Karyawan PT. FFI menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Sekretariat PUK PT.FFI, Ciracas Jaktim, pada Sabtu (29/02/2020). Rapat ini membahas Pencapaian kinerja koperasi di tahun 2019 dan Rencana Kerja pengurus Tahun 2020. RAT kali ini dihadiri tidak kurang 100 orang meliputi anggota dan juga tamu undangan dari perwakilan perusahaan, bank , dan instansi – instansi lain yang bekerjasama, dll.

Tujuan RAT ini dilaksanakan adalah untuk mensosialisasikan serta memaparkan laporan pencapaian kinerja dan juga kegiatan Koperasi Serba Usaha Susu Bendera ( KSUSB ) di tahun 2019 baik labarugi dan juga neraca keuangan koperasi. Dan juga Pencapaian meliputi program-program yg sudah di jalankan saat ini seperti penggunaan Sistem Koperasi ( Simko ) yang memudahkan pembukuan koperasi secara sistem tidak manual lagi, dan anggota pun mudah mengakses segala informasi mengenai koperasi dan melakukan transaksi PPOB hanya dengan Smartphone yang mereka miliki melalui aplikasi SimkoMember yang bisa diunduh di Goggle Store. Dengan sistem Simko koperasi KSUSB lebih modern, transparan dan akuntabel. Maju koperasinya sejahtera anggotanya,,papar Sudirekso selaku ketua koperasi.

Sudirekso menambahkan pencapaian Program berikutnya tabungan atau simpanan sukarela yang mampu menumbuhkan kesadaran anggota untuk menabung dikoperasi, Sehingga permodalan koperasi bertambah yang tentunya akan meningkatkan pendapatan koperasi sebagai modal usaha. Ungkapnya

Indra Sukma selaku Bendahara memaparkan laporan kinerja Koperasi yang mana pada tahun 2019 mengalami pertumbuhan Sisa Hasil Usaha ( SHU ) yang mencapai 80 % lebih. Selain itu juga anggota berperan aktif dalam usaha koperasi terutama bidang usaha konsinyasi yang tumbuh 65 % yang sebelumnya di dominasi oleh konsinyasi Non-anggota.

Namun di tahun 2019 Non-anggota hanya mengisi ruang 1 % saja untuk konsinyasi obat herbal itupun karena tidak ada anggota yang mau suply produk tersebut. Penurunan ini terjadi setelah pengurus membuat kebijakan terkait peserta konsinyasi wajib anggota koperasi. Losses barang toko Sabarmart pun berkurang tahun 2019 sebesar 68 % dari tahun 2018 lalu. Untuk SHU akan mulai di bagikan mulai akhir bulan Juni 2020, “paparnya.

Dani cahyadi Pimpinan Unit Kerja (PUK ) Serikat Kerja PT.Frisian Flag Indonesia menyampaikan bahwa apa yang di capai koperasi KSUSB tahun 2019 tidak luput dari peran serta ke aktifan anggota koperasi dalam menjalan bisnis koperasi dan dukungan penuh dari anggota dalam pelaksanaan kegiatan usaha koperasi, salah satunya anggota sangat aktif belanja di toko Sabarmart dan juga ke aktifan Simpan pinjam,”Tuturnya.

Hal tersebut di amini oleh Andika Burhansyah Sebagai Ketua Badan Pengawas Koperasi , dia menyampaikan bahwa kinerja koperasi di tahun 2019 cukup memuaskan , banyak program yang di gulirkan pengurus yang bekerja keras menjalankan usaha koperasi dengan baik dalam hal ini Seksi bidang Usaha yang harus selalu kreatif dan inovatif. Pengurus banyak melakukan banyak saving, salah satunya saving tidak adanya uang transpor rapat, semua keuntungan yang di dapat koperasi masuk semuanya ke Kas koperasi, jadi pengurus koperasi tidak mencari keuntungan pribadi, mereka tulus mengabdikan diri untuk mengemban amanah mengelola koperasi walau tanpa di gaji. Jelasnya.

RAT kali ini bertabur doorprize,dari mulai sepeda MTB, mesin cuci , magic com, kompor gas, blender , kipas angin dll, hadiah-hadiah tersebut di dapat dari para sponsor. Hampir semua anggota koperasi yang hadir mendapatkan doorprize. Salah satu doorprize yang dinanti- nanti adalah dari sponsor Risalah Tour yang memberikan Umroh gratis. Undiannya pun langsung dilakukan oleh pemilik Risalah Tour H. Suherman,S.Sos.I, yang beruntung berkesempatan mendapatkan doorprize umroh gratis tersebut adalah E .Anang Setiawan.

Muhamad Rozak ketua panitia menyampaikan hasil RAT kali ini memutuskan 3 point yang telah di sepakati bersama yaitu pertama SHU akan dibagikan dalam bentuk uang dan pembagiannya akan mulai dilakukan bulan Juni 2020. Ke -2 Simpanan anggota yang resign dari keanggotaan koperasi akan tetapi masih bekerja di PT. FFI yang ditahan sebesar Rp. 1.250.000 diberikan kepastian bisa diambil setelah melewati masa waktu 5 tahun.kecuali mantan anggota tersebut sebelum 5 tahun keluar bekerja dari PT.FFI. Ke-3 Piutang yang tak tertagih akan dicicil dari keuntungan koperasi dari kerjasama dengan pihak bank, yang sudah di mulai dari tahun 2019 sehingga piutang tak tertagih tersebut tidak membebani simpanan wajib anggota. Ungkapnya. (Anang)

News Feed