oleh

“Dihadiri Wagub Jateng Gus Yasin Maimoen Zubair, Silatnas Alumni Syam Komitmen bekerja untuk Kemaslahatan Bangsa & Agama”

-Daerah-438 views

Bandung,Kompasindo.net-Bertempat di Ponpes Daarul Halim & Grand Hotel Lembang, Jawa Barat, Ikatan Alumni Syam Indonesia (Al-Syami) kembali mengadakan Silaturahmi Nasional ke-7 pada 6-8 Maret 2020.

Ajang pertemuan nasional para alumni yang pernah belajar di pesantren dan kampus di Suriah ini mengangkat tema “Silaturahmi, Silatul Fikri dan Sinergi Al-Syami untuk Islam Rahmatan lil Alamin”.

Acara Silatnas yang diketuai oleh KH. Abd. Wahab, Lc. ini dikemas dengan tertib tapi santai.

Diawali dengan berkumpulnya sebagian peserta di Ponpes Daarul Haliim Bandung* pada hari Jumat, 6 Maret 2020. Sebagian alumni seperti Dr. KH. Faiz, Lc. MA dari Kudus, Dr. KH. Ali Sodikin, Lc. MA dari tanggerang, Dr. KH. Mudawi Ma’arif, Lc. MA dari Surabaya dan KH Lukman dari Banyuwangi *memberikan kajian, tausyiah dan motivasi kepada kurang lebih 250 santri Ponpes Daarul Haliim*. Pada hari Sabtu pukul 07.00 iringan-iringan rombongan kendaraan menuju Hotel Grand Lembang. Registrasi peserta dimulai sejak pukul. 08.00 dan dilanjutkan dengan seremoni pembukaan

Pada saat seremonial pembukaan Silatnas ke-7, pra acara diisi dengan pembacaan Yasin, tahlil dan doa yang diperuntukkan kepada para Masyayikh Syam, para alumni yang telah berpulang juga untuk semua Muslimin.

Setelah doa yang dipimpin oleh Syekh Dr. Mahir al-Munajjid dari Damaskus, acara dilanjutkan dengan tausiyah dari beliau.

Syekh Mahir menyampaikan bahwa beliau sangat senang menyaksikan para alumni dari berbagai daerah di Indonesia dan latar belakang berkumpul bersama. Pertemuan seperti ini dapat merekatkan Ukhuwwah Islamiyyah dan bersinergi kata beliau.

Hal lain yang disampaikan oleh beliau adalah mengenai keberkahan negeri syam. Keberkahan negeri Syam kepada para alumni yang pernah belajar disana sangat beliau rasakan ketika beliau melihat bahwa para alumni Syam Indonesia menjadi orang-orang yang dapat memberikan kontribusi besar di dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya alumni Syam yang menjadi pengasuh pesantren, menjadi dosen, politikus, pengusaha dan beberapa diantaranya juga menjadi pejabat negara.

Setelah diawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat-ayat suci al-Quran, acara pembukaan Silatnas Al-Syami ke-7 dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Suriah, hal ini merupakan sebuah komitmen Al-Syami kepada NKRI.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Gus Yasin Maimoen Zubair, hadir di acara Silatnas alumni Syam Indonesia ke 7 di Bandung, Jawa Barat,6-8 Maret 2020.

Acara berlanjut dengan beberapa sambutan. Sambutan pertama atas nama ketua panitia dan juga pimpinan Ponpes Daarul Haliim KH. Abdul Wahab, Lc., sambutan kedua atas nama ketua umum Al-Syami KH. Ahmad Fathir Hanbali, Lc., sambutan ketiga atas nama Dr. KH Syamsul Bahri sebagai alumni senior Al-Syami yang berasal dari Sulawesi Selatan dan sambutan terakhir atas nama perwakilan pemerintah RI yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa tengah yang juga merupakan salah satu Alumni Syam Indonesia, Gus H. Taj Yasin Maimoen Zubair.

Intisari dari sambutan-sambutan yang telah disampaikan adalah adanya kebulatan sikap bahwa Al-Syami harus berbuat lebih banyak untuk kemaslahatan bangsa dan negara, menjadi pemersatu bangsa dalam bingkai Pancasila dan NKRI menggapai cita-cita besar yaitu Islam rahmatan lil alamin.

Selain itu, sinergi Al-Syami dengan pemerintah Republik Indonesia perlu ditingkatkan, dengan demikian manfaat yang dapat diberikan kepada umat akan lebih besar.

Hasil pertemuan Silatnas Al-Syami ke-7 melalui rapat sidang pleno yang diwakili oleh perwakilan masing-masing wilayah adalah menetapkan AD/ART Al-Syami dan menetapkan KH. Ahmad Fathir Hanbali, Lc. (pimpinan Ponpes Alkenaniyah, Jakarta) dan KH. Mohammad Nailur Rochman, S.IP (Pinpinan Ponpes Baitul Hikmah Pasuruan) sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Ikatan Alumni Syam Indonesia periode 2020-2022.

Sisi lain dari acara Silatnas Al-Syami ke-7 di Lembang Jabar ini adalah acara -acara santai penuh kebersamaan, mulai dari tanding bola antar wilayah, live music dari artis top Indonesia Inka Christie yang juga merupakan santri Pondok Pesantren Daarul Haliim dan grup gambus alma EsBeYe, hingga pool dinner yang diisi dengan makan kambing guling, ditutup dengan pembagian Doorprize Umrah 2 orang umrah dari Khazzanah Tours dan 1 Umrah gratis dari Ameerah Mekkah 2 travel yang dimiliki oleh anggota Alsyami sendiri, juga ada Doorprize dalam bentuk Uang.

Acara di hari terakhir diisi dengan qiyamul lail, sholat subuh berjamaah, tausiyah, olahraga, Talk Show yang dipandu KH Khariri Lc, MA dan berwisata ke floating market. Jumlah peserta yang hadir pada acara ini sekitar 300 peserta, terdiri dari para alumni, para istri dan anak-anak. Jumlah ini merupakan jumlah terbanyak sepanjang momen Silatnas Al-Syami yang pernah diadakan.

Menurut KH Ulinnuha Lc dari kudus tanggapannya mengenai acara Silatnas “Acara Silatnas Al Syami ke 7 di Bandung ini sangat Sukses &Luar biasa, mungkin ini silatnas yang paling meriah, semoga Silatnas selanjutnya di Jawa Timur bisa sesukses silatnas di Bandung Jabar ini”

Adapun H Zaky Zakaria Lc, MA (Pimpinan Ponpes Assa’idiyyah Cianjur) perwakilan panitia mengatakan “Alhamdulillah panitia Jabar walaupun anggotanya tidak sebanyak korwil lain tapi bisa memberikan yang terbaik untuk peserta dan anggota alsyami yang datang hampir dari seluruh Indonesia, acara berlangsung lancar &sangat meriah, saya dengar dari banyak peserta yang menyampaikan kepuasan mengikuti acara Silatnas di Bandung ini, acaraya sangat lengkap sesuai tema selain dapat bersilaturahmi yang dikemas berbagai acara menarik, silatulfikri ada program tausiyah, diskusi, Talkshow, doa bersama dll Sinergi banyak kerjasama yang terjalin sesama alsyami dan pembentukan tim ekonomi alsyami dan semua demi Agama &bangsa. Kesuksesan silatnas kali ini karena kerjasama yang baik antara panitia dan pengurus alsyami pusat dan juga kejelian ketua panitia KH. Abdul Wahab Lc untuk turut serta melibatkan santri-santri terbaiknya dalam acara ini”(Rizal)

News Feed