oleh

Ketum PWRI Dr. Suriyanto PD, SH,MH Mkn Himbau Pengurus PWRI Seluruh Indonesia Membantu Pemerintah Daerah, TNI dan Polri

-Nasional-445 views

Jakarta,Kompasindo.net-Coronavirus telah menyerang ribuan orang di berbagai negara dan menelan ratusan korban jiwa. Agar tidak terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWRI), Dr.Suriyanto, PD, SH, MH,Mkn
menyatakan bahwa penyebab dari wabah ini adalah coronavirus jenis baru yang disebut dengan Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit ini termasuk dalam golongan virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS), “katanya di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (28/3/2020),

Suriyanto melanjutkan, saat ini Indonesia sedang dilanda wabah virus corona. PWRI beserta Pemerintah menghimbau Pengurus PWRI se Indonesia beserta masyarakat untuk berpartisipasi mencegah penularan virus corona dengan menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan serta melakukan _Sosial Distancing_ guna memutus penyebaran virus corona di masyarakat, “lanjut Alumnus Doktor dari Universitas Jayabaya ini.

Pandemi Corona membuat Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada khalayak ramai untuk melakukan kegiatan seperti kerja dan belajar di rumah demi mengantisipasi penyebaran virus COVID-19.

Virus Corona telah menyebar ke beberapa penjuru negeri, tambah Suriyanto termasuk Indonesia. Penyebaran yang semakin meluas membuat kita perlu memahami mengenai ciri-ciri tubuh terinfeksi virus corona tersebut.

Perlu diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia maupun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention(CDC) telah mengeluarkan imbauan tentang bagaimana penyebaran virus corona, ciri-ciri, gejala maupun cara pencegahannya, “tambahnya.

Penyebaran Virus Corona

Hingga saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah virus corona. Virus ini diperkirakan menyebar dari orang ke orang, seperti antara orang yang bersentuhan erat satu sama lain dalam jarak sekitar enam kaki dan juga melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Tetesan ini dapat mendarat di mulut atau hidung orang yang berada di dekatnya atau mungkin terhirup ke dalam paru-paru.

Saya Himbau kepada seluruh Jajaran Pengurus PWRI Seluruh Indonesia agar selalu membantu bermitra dengan Pemerintah Daerah dan Stake Holder lainnya untuk Sosialisasikan dan kampanyekan penanggulangan wabah virus Corona Covid 19 dengan media masing-masing, sehingga pesan yang disampaikan Pemda maupun Instansi lainnya baik Kepolisian dan TNI serta BNPBD sampai kepada masyarakat hingga pelosok negeri,”Jelas Ketum.

Marilah kita saling mengingatkan bahaya virus Corona Covid 19,tidak berkumpul, mengadakan arisan atau perayaan yang mengundang massa banyak, tinggal dalam rumah, memakai masker, dan hand sanitizer dan menjaga kebersihan lingkungan kita serta rumah kita sendiri, semoga wabah ini dapat segera berakhir semoga kita selamat dan diberi kesehatan,”pungkasnya. (Supri)

News Feed