TASKFORCES MENWA INDONESIA -DPN IARMI-SATMENWA UID JAYAKARTA GELAR BAKSOS DI LOKASI KEBAKARAN TAMBORA

Jakarta, kompasindo.net –
Kebakaran besar yang melanda pemukiman warga ” di Kawasan Jembatan Besi-Tambora Jakarta Barat pada Selasa, 18 Mei 2020 lalu masih menyisakan duka mendalam kepada para korban, terlebih di masa pandemi Covid-19 dan menjelang hari raya Iedul Fitri 1441 H.

Dan hal ini pun menjadi sorotan Komando Nasional Menwa Indonesia, yang selama ini aktif dalam aksi bela negara lawan virus corona. Aktifitas Taskforces Menwa Indonesia Lawan Covid-19 selama ini turut melakukan upaya pencegahan dan penanganan covid-19 dalam tiga bulan terakhir cukup massif. Mulai dari melakukan pelatihan relawan, penyemprotan disinfektan hingga bakti sosial bagikan masker, handsanitizer, bagikan paket makan siang gratis (sebelum Ramadhan) dan sembako kepada para warga terdampak covid-19 di beberapa titik ibukota dan sekitarnya. Baik yang dilakukan secara mandiri maupun bekerjasama dengan pihak lain.

Aktifitas outdoor gugus tugas lawan covid-19 yang dibentuk Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Konas Menwa) Indonesia itu bukannya tanpa resiko, tetapi tetap harus dilakukan karena Resimen mahasiswa (menwa) harus turut serta dalam aksi Bela negara melawan covid-19 secara langsung. Sesuai dengan doktrin perjuangan korps baret ungu ini, serta kualifikasi tanggap bencana yang dimiliki organisasi kader muda bela negara ini.

Untuk itulah tepat dua hari jelang hari raya umat Islam ini, Lembaga kader bela negara yang di pimpin oleh Ariza Patria (Wakil Gubernur Jakarta) sebagai Dankonas Menwa Indonesia itu turut menggelar baksos di wilayah tersebut. Kali ini bersama keluarga besarnya yakni alumni Menwa (DPN IARMI) dan Satuan Menwa tingkat Kampus (Satmenwa UID) serta Menwa Jayakarta (tingkatan Menwa di provinsi DKI Jakarta) turun bareng laksanakan baksos di lokasi kebakaran Tambora, dua hari menjelang hari raya Idul Fitri.

“Kami berempati dengan para korban Kebakaran ini, terlebih bencana ini terjadi di masa sulit ditengah mewabahnya coronavirus dan mendekati hari raya idul fitri. Jadi kami tergerak melaksanakan baksos disini bersama dengan para senior kami di DPN IARMI dan adik-adik Menwa Universitas Islam Djakarta guna menuntaskan penyebaran virus berbahaya ini. Semoga bencana ini segera berakhir pandemi yang menyusahkan banyak orang ini segera berakhir,” demikian kata Wadankonas Menwa Indonesia Erwin H. Al-Jakartaty yang ditemui langsung dilokasi kebakaran itu.

Seperti biasa, Taskforces Menwa Indonesia yang secara harian di pimpin oleh Wadankonas Menwa Indonesia Erwin H. Al-Jakartaty tanpa banyak cakap dan persiapan langsung turun menyambangi para korban kebakaran di wilayah RT 12 RW 03 Kelurahan Jembatan Besi Kecamatan Tambora Jakarta Barat.

Erwin H. Al-Jakartaty memandang perlu untuk tetap menjaga mental dan semangat warga yang terlanda bencana ini.
Tak terbayangkan derita warga yang rumahnya terbakar ini mendapatkan musibah saat pandemi covid-19 tengah merajela.

Dengan menggandeng Dewan Pimpinan Nasional Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (DPN IARMI) sebuah organisasi yang menghimpun para alumni Menwa dan Satuan Menwa Universitas Islam Djakarta (UID), serta Menwa Jayakarta, pasukan ber baret ungu ini kompak menggelar baksos pada Jumat, 22/5/2020 di lokasi kebakaran yang menyebabkan sekitar 150 KK kehilangan tempat tinggal. Bantuan yang diberikan berupa pakaian layak pakai dan bahan pangan (beras, biscuit dan mie instan) serta air mineral. Bantuan tidak terlampau besar tapi cukup membantu meringankan beban para warga korban.

Turut hadir dalam gelaran baksos itu antara lain, Kepala Staf Konas Menwa Indonesia M. Arwani Denny, Komandan Menwa Jayakarta Raden Umar, Perwakilan DPN IARMI Mbak Dyah dan Bang Teddy dan Komandan Satuan Menwa UID Fiqi serta belasan anggota Menwa lainnya. Baksos itu sendiri mendapatkan dukungan dari para alumni Menwa di DPN IARMI dan Civitas Akademika Universitas Islam Djakarta serta Komenwa Jayakarta.

“Atas nama warga yang menjadi korban kebakaran dikampung ini, saya bersuka cita dan mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari rekan-rekan Menwa Indonesia dan alumninya. Semoga hal ini bisa memberikan kami semangat baru dalam menjalani kehidupan kedepan yang lebih baik lagi,” Kata H.M Ikhsan sesaat setelah menerima bantuan secara simbolis. Bantuan sosial itu secara simbolis memang diterima oleh Ketua RT 12 Bapak H.M Ikhsan disaksikan beberapa warga di tengah lokasi kebakaran persis di belakang kantor kelurahan Jembatan Besi di sore hari menjelang berbuka.

Selanjutnya setelah seremonial kecil penyerahan bantuan antara Wadankonas dan Ketua RT setempat para anggota Menwa bersama beberapa warga membongkar muatan dari mobil box Menwa. Bongkar muat bantuan yang akan disalurkan ke warga dilakukan tepat di depan masjid Jami Al jahiriyah Jembatan Besi,persis didepan gang masuk wilayah kebakaran.

“Semoga warga yang terkena bencana ini dapat segera memulihkan kehidupannya kedepan dan bentuk kepedulian terhadap sesama ini tak pernah hilang di hati sanubari kita semua. Bravo Menwa Indonesia dan IARMI.” tutup Erwin(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *