oleh

Silaturahmi FKDM Kota Jakpus Dengan Humas Infokom FKDM DKI Jakarta

-Jabodetabek-579 views

Jakarta, Kompasindo.net –
“Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) adalah wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk oleh Gubernur DKI Jakarta dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. Tujuan dari penyelenggaraan Kewaspadaan Dini ini sendiri meliputi pendeteksian, pengidentifikasian, menilai, menganalisis, menafsirkan, dan menyajikan informasi dalam rangka memberikan peringatan dini untuk mengantisipasi berbagai potensi bentuk Ancaman Tantangan Hambatan dan Gangguan (ATHG) khususnya di wilayah Provinsi DKI Jakarta, hingga pembangunan fisik dan kemasyarakat di ibukota dapat berjalan lancar.”

Hal tersebut dikatakan oleh Erwin H al Jakartaty ketika dikunjungi oleh beberapa anggota FKDM Kota Jakarta Pusat, antara lain Permana, Ferdiansyah, Isa Kamil dan MS Rizal dalam rangka silaturahmi usai lebaran 1441 H di wilayah Tebet, Jakarta Selatan pada hari kamis sore, (28/05/2020).

“Fungsinaris FKDM berasal dari unsur elemen masyarakat, beranggotakan 15 orang ditingkat provinsi, 11 orang ditingkat kota, 9 orang ditingkat kecamatan serta 7 orang ditingkat kelurahan. Eksistensi lembaga ini berdasarkan Permendagri No. 46 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah, yang diperkuat secara teknis oleh Pergub No.138 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kewaspadaan Dini di daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Keanggotaan FKDM DKI Jakarta dan 5 Kota dan 1 Kabupaten periode 2020-2022 ini berasal dari berbagai kalangan warga Jakarta mewakili unsur Akademis, Agama, Adat, Organisasi Masyarakat, Pemuda, atau unsur elemen masyarakat lainnya.
Para anggota FKDM ini merupakan hasil seleksi ketat yang diselenggarakan oleh Kesbangpol DKI Jakarta akhir tahun 2019 lalu dan kemudian dikukuhkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 21 Februari 2020 di Balaikota.” lanjut Erwin.

Semwntara, Permana yg merupakan Sekretaris FKDM Kota JakPus mengatakan, “Dalam menjalankan tugas fungsinya FKDM terutama wilayah administrasi Kota JakPus berupaya meningkatkan peran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta cq Pemerintah Kota Jakarta Pusat dan partisipasi masyarakat untuk memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban umum di wilayah Jakarta Pusat serta meningkatkan koordinasi dan sinergitas antar Perangkat Daerah, kecamatan hingga kelurahan, yang hasilnya berupa rekomendasi yang diberikan kepada Gubernur DKI Jakarta, guna melancarkan jalannya kepemimpinan ibukota.”

“Terkait dengan perkembangan perang total melawan pandemi novel coronavirus (covid-19) yang saat ini mash mengganas, kami bertekad untuk senantiasa mendukung kebijakan pemerintah provinsi dalam masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).”ujar Ferdiansyah yang juga merupakan salah satu korwil kecamatan Tanah Abang 1.

” Semoga dengan sikaturahmi ini, sinergitas FKDM Kota Jakarta Pusat dan FKDM Provinsi DKI Jakarta cq Humas Infokom dapat menjadikan FKDM sebagai suatu kekuatan dalam menjaga dan mendeteksi dini ATHG khususnya di wilayah kota Jakarta Pusat menjadi lebih baik lagi,” tutup Isa Kamil. (MSR)

News Feed