oleh

Kades Bojong Baru Diduga Manipulasi Anggaran Jalan

-Daerah-699 views

Bojong Gede, kompasindo.net-
Saat awak media melakukan konfirmasi soal pekerjaan kepada warga tentang Pengecoran jalan di Rt.01/03 Desa Bojong Baru.Pengecoran yang melibatkan masyarakat sekitar dan di saksikan Warga Rt.01, Ketua Rw.03, BPD Bojong Baru, Babinsa, Bimas dan Kepala Desa Bojong Baru Bukhori pada sabtu,16 Mei 2020 sangatlah antusias dalam kegotongroyongan dan sepintas pekerjaan tersebut tidak ada yang ganjil dan wajar wajar saja.

Namun seiring waktu sengaja awak media menggali informasi ke beberapa Nara sumber,salah satu warga yang tidak ingin namanya diketahui mengatakan.
“Benar,pada hari sabtu tanggal 16 mei 2020 ada pengecoran jalan dengan panjang pengecoran 200M,lebar 2,5M ketebalan 7cm Dan tidak ada papan informasi proyek di lokasi pengerjaannya.

Menurut team ,Seharusnya Pemasangan papan nama proyek ini termasuk pekerjaan persiapan (Pre-Construction). Pekerjaan Persiapan (Pre-Construction) salah satunya adalah pemasangan papan nama proyek sebanyak yang diperlukan, minimal 2 (dua) buah, seperti yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan, antara lain :
1. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (“Permen PU 29/2006”)

2. Undang – Undang no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi kepada publik.

Selang satu bulan,Awak media melakukan pengembangan informasi langsung kepada kades Buhkori. perihal Pelaksanaan suatu pekerjaan fisik atau proyek, yang bersumber dari APBN/APBD dalam melakukan kegiatan pekerjaan di haruskan pemasang papan nama proyek di lokasi kegiatan.

Sungguh miris pada saat investigasi ternyata berbanding terbalik dengan apa yang di sampaikan kades bojong baru,fakta di lapangan ketebalan 4-5 cm dengan lebar 2,8 meter dan panjang 200 meter tidak sesuai dengan apa yang di sampaikan nya, yang mana menurut dia ketebalannya 10cm,lebar 3M dan panjang 200M.

Karena masih jam aktifitas kantor sengaja awak media datangi ke rumah kades,namun sebelum itu diwaktu yang sama team sudah datang kekantor desa,namun kades tidak berada ditempat ternyata dia berada di rumahnya, dengan alasan nanti siang akan menghadiri rapat dengan bupati,

Sesuai tupoksi kami bahwa wartawan sebagai fungsi kontrol mencoba meminta klarifikasi prihal pengecoran kepada kades bubu dan dijelaskan,
“Betul 10 cm ketebalan lebar 3M dan panjang 200M,katanya.lalu team bertanya dengan hasil investigasi Dilapangan yang tidak sesuai dengan penjelasan kades bubu,namun kades terkesan menghindar dan selalu mengalihkan pembicaraan, bahkan kades bubu ( Buhkori ) merasa benar dengan tindakannya tentang menggunakan dana talang pribadi, kembali kita tanyakan soal panjang lebar dan ketebalan namun beliau kembali menghindar.

Sampai berita ini di tayangkan,kami sebagai awak media belum mendapat jawaban yang realistis dari kades tersebut.

Reporter
Red/tim

News Feed