oleh

MENKOP DUKUNG STIE GANESHA BERIKAN 300 BEASISWA BERSUBSIDI UNTUK UMKM

-Nasional-1.210 views

Jakarta, kompasindo.net – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha (STIE Ganesha) dan Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Insdonesia (DPP HIPMIKINDO) diterima oleh Menteri Koperasi dan UKM,Teten Masduki di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM (09/07/2020).

DPP HIPMIKINDO selaku Koordinator dan Inisiator kegiatan “Beasiswa Bersubsidi Peduli Covid-19” dengan membawa beberapa perguruan tinggi yang sudah bermitra dengan DPP HIPMIKINDO di Entrepreneur Center, antara lain mitra Entrepreneur Center selain STIE Ganesha, Universitas Sahid, Perbanas, ASMI kampus ungu, Labora, STIEBI, Unindra, dll.

“Beban Pemerintah akan ringan jika pemangku kepentingan saling bahu membahu dalam mengatasi dan memberikan solusi akibat dampak covid-19, kami dari perguruan tinggi hanya bisa membantu memberikan fasilitasi Pendidikan yang terbaik serta meringankan biaya pendidikan” kata Syarif Hidayatullah selaku regenerasi dari STIE Ganesha.

“Seperti Perguruan tinggi lainnya, STIE Ganesha dan DPP HIPMIKINDO bermitra dengan Lembaga Pengembagan Entrepreneur Center Syariah (LPECS) Ganesha, yang semula akan diresmikan di bulan Maret 2020, karena adanya wabah Covid-19 pada awal 2020 akhirnya hingga saat ini belum terlaksana, “kami akan mengundang Kementerian Koperasi untuk peresmian LPECS, waktunya akan dilihat jika kondisi sudah memungkinkan”. Lanjut Syarif Hidayatullah.

“Kepedulian STIE Ganesha dan Hipmikindo, atas kondisi Covid-19 selain memberikan beasiswa juga melakukan beberapa pengabdian masyakat dan bhakti sosial, salah satunya tema Pemberdayaan Ekonomi melalui ketahanan pangan untuk ketahanan keluarga, dengan memberikan edukasi mengenai Covid-19 dan New Normal” kata Syarif Hidayatullah yang saat ini menjadi pimpinan termuda di seluruh Dewan Perwakilan Daerah HIPMIKINDO.

STIE Ganesha salah satu perguruan tinggi yang memberikan cukup besar beasiswa sebanyak tiga ratus beasiswa bersubsidi bagi UMKM yang berdampak Covid-19, menunjukan kepedulian kepada UMKM di masa pandemic covid-19.

Dalam menunjukkan kepedulian STIE Ganesha tidak hanya kepada UMKM berdampak covid-19, tetapi terhadap mahasiswa, dosen dan karyawan dengan mendirikan koperasi bertujuan mensejahterakan anggotanya.

Syahnan Phalipi, Ketua Umum DPP HIPMIKINDO juga menjabat sebagai pengawas di Koperasi Padaidi milik STIE Ganesha yang baru didirikan bekerjasama dengan HIPMIKINDO, beliau juga menjabat ketua DEKOPINWIL mengatakan “STIE Ganesha juga sudah mendirikan Koperasi Padaidi Nusantara Jaya yaitu Koperasi Mahasiswa, Dosen, Guru dan Karyawan, Bukti kepedulian pimpinan Ganesha adalah dengan pendirian koperasi untuk mensejahterakan, civitas akademika, mahasiswa, guru, dosen, pengurus Yayasan dan karyawan”.

STIE Ganesha didirikan pada tanggal 11 September 1993, seiring dengan pesatnya perkembangan zaman dan persaingan global sebagai suatu kenyataan yang tak mungkin bisa dihindari yang selalu membawa ikutan pada persiapan tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkulaitas, handal, profesional dan excellent.

Sebagai konsekuensi lembaga pendidikan tinggi harus mampu mencetak tenaga ahli sebagai SDM yang memiliki pengetahuan secara akademik serta mampu dalam mempresentasikan masalah secara ilmiah, antara lain menguasai perangkat analisis serta berpikir logis, kritis, sistematis dan global, mempunyai pengetahuan konseptual untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang dihadapi serta mampu menawarkan alternatif serta solusi pemecahannya.

Maka sebagai perwujudan vis dan misi Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha dalam pengelolaan pendidikan mempersiapkan SDM pendidik profesional serta para tenaga supporting yang berpengalaman pada bidangnya dan memiliki kepangkatan lektor sampai guru besar melalui SK Dirjen Dikti.

“Regenerasi Ganesha salah satunya adalah bang Syarif Hidayatullah, yaitu pemuda milenial yang sangat peduli dengan UMKM, sehingga diusianya yang masih belia saat ini dipercaya di berbagai posisi anatara lain, sebagai Ketua DPC HIPMIKINDO Tangerang Selatan, yang siap membantu dan memajukan UMKM di Tangerang Selatan, beliau penerus Ganesha yang meliliki segudang prestasi, sudah saatnya pemuda bangkit meneruskan usaha, dengan gaya kepemimpinan milenial”, kata Jurika yang menjabat ketua Lembaga Perberdayaan Perempuan DPP HIPMIKINDO yang saat ini sedang melanjutkan Magister Manajemen di STIE Ganesha bertutur.

“ Saya bangga bisa kuliah di STIE Ganesha dengan mutu yang tidak kalah bersaing dengan perguruan tinggi yang sudah besar. Banyak UMKM yang tidak sanggup membiayai kuliah anaknya karena tidak mampu dengan biayanya untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, bahkan yang sudah kuliah terancam berhenti karena tidak sanggup membayar kuliah, saat ini STIE Ganesha sudah memberikan tiga ratus orang beasiswa bersubsidi.
Silahkan menghubungi saya selaku koordinator pendaftaran bagi UMKM yang akan mengambil fasilitas beasiswa bersubsidi peduli covid-19 di nomor handphone 08174161686” kata Jurika selaku koordinator kegiatan beasiswa bersubsidi peduli covid-19.

Menteri koperasi memberikan kesempatan kepada akademisi untuk ikut berkontribusi memberikan pendidikan dan pelatihan kepada UMKM, agar diklat tidak lagi dipegang oleh Kementerian, karena kementerian tidak memiliki kompetensi untuk itu, oleh dari itu ini akan diserahkan kepada lembaga pendidikan dan akademisi.

“Pesan terakhir pak Menteri bagi akademisi adalah hal yang akan ditindak lanjuti oleh STIE Ganesha, Kementerian Koperasi memberikan kesempatan bagi akademisi yang nantinya diharapkan dapat memberikan bimtek atau pelatihan bagi UMKM, kami Kementrian tidak lagi memberikan bimtek akan diserahkan kepada ahlinya yaitu Lembaga Pendidikan dan Pelatihan ataupun akademisi.
Kegiatan ini akan kami tangkap sebagai peluang untuk ikut berperan mendorong UMKM naik kelas” jelas Syarif Hidayatullah menutup wawancara.(jf)

News Feed