oleh

Tim Tataika 72 Ungkap Oknum ASN Pembobol ATM

-Hukrim-175 views

Pagaralam,Kompasindo.net -Pembobolan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri), berhasil menguras saldo salah satu Nasabah bank kota Pagaralam Sumatera Selatan dalam Aksi nya pelaku menggunakan tehnik dan modus lama, yakni dengan mengganjal mesin ATM memakai kayu.

Pihak Polres Pagaralam melalui Jajaran Reskrim Polsek Pagaralam Utara berhasil menangkap pelaku.

” memang benar satu tersangka kami tangkap pada Jumat 14 Agustus kemaren” kata Kapolsek Pagaralam Utara AKP Herry Widodo SH, Sabtu (15/08/20).

Selain itu Mantan Kapolsek Dempo Selatan ini menjelaskan, sindikat ini setidaknya berhasil menggasak isi tabungan korban di ATM, di wilayah Sektor Pagaralam Utara,pelaku berhasil mendapatkan Rp 2.700.000,- dengan cara mengganjal mesin ATM pakai tusuk gigi dan potongan gergaji besi kecil,”

Dari keterangan Apriza Anggeraini Setelah mengetahui uangnya raib, korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Pagaralam Utara.

Berdasarkan laporan tersebut tim Reskrim Polsek Pagaralam Utara melakukan penyelidikan di antaranya dengan melihat rekaman CCTV di gerai ATM,” jelas Kapolsek

Sindikat pembobol ATM itu terungkap setelah salah satu korban Apriza Anggeraini melaporkan ke polisi dan pihak bank pada hari Sabtu 8 Agustus 2020, korban mengaku uang di rekeningnya tiba-tiba hilang setelah menggunakan mesin ATM di salah satu Bank di Dempo Permai.

Pada awalnya korban tidak mengetahui bahwa kartu ATM miliknya tidak bisa digunakan, Ketika ATM dipakai, ternyata tidak berfungsi Korban melaporkan kejadian tersebut kepada pihak bank di Pagaralam.

Setelah dicek, uang sebesar Rp 2.700.000,- dalam tabungannya sudah raib, korban teringat bahwa saat berada di mesin ATM ada orang yang menawarkan diri untuk membantu mengatasi masalah kartu ATM itu.

Ternyata itu adalah modus pelaku untuk meraup uang yang ada di Saldo Korban, Polisi pun terus bergerak dan dengan cepat mengetahui identitas pelaku.

Akhirnya petugas berhasil mengamankan tersangka pada Selasa (14/08/20) tersangka yakni Hadi Hakim merupakan salah seorang warga Jalan Sukabangun I Lorong Tanjung No1362 Rt 024 Rw 004 kelurahan Suka Bangun kecamatan Sukarami kota Palembang, dari hasil interogasi, pelaku mengakui perbuatannya dengan mengasak uang nasabah dengan modus ganjal kartu ATM.

Polisi berhasil menyita barang bukti berupa 3 kartu ATM tidak aktif milik pelaku yang di ikat dengan tali dan kayu penganjal, mata gergaji besi, sepatu merk Fiat, topi Warna Hitam.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 362 ayat (1) KUHP dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara,” tegas Kapolsek Pagaralam Utara.

Atas kejadian tersebut, Kapolsek juga berpesan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati saat berada di bilik ATM jika mendapati kartunya tidak berfungsi, Jangan mudah percaya kepada orang yang menawarkan bantuan, apalagi itu bukan pegawai bank,” tutup Kapolsek.(Alian Sumsel)

News Feed