oleh

Ini Klarifikasi PWI Kabupaten Bogor Terkait Pemberitaan Oknum Proyek Membawa Nama PWI

-Hukrim-65 views

Bogor,Kompasindo.net-Menyikapi adanya pemberitaan di beberapa media beberapa waktu lalu terkait adanya oknum pelaksana proyek yang menyebut atau membawa organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor saat diminta konfirmasi oleh awak media, Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor telah memberikan klarifikasi.

Ditemui di ruang kerjanya, Ketua PWI Kabupaten Bogor, Subagiyo menjelaskan bahwa PWI tidak tahu menahu mengenai pengerjaan proyek tersebut, apalagi mem back up supaya tidak dikontrol oleh media. Proyek yang dimaksud adalah pengerjaan peningkatan jalan di wilayah Desa Pasir Laja, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Proyek senilai Rp 1,6 Miliar lebih ini dikerjakan oleh PT Reza Berkah Abadi dan Konsultan Pengawas PT Garis Putih Sejajar.
“Perlu kami tegaskan, bahwa kami tidak tahu menahu dengan proyek tersebut. Dan kami juga tidak kenal dengan kontraktor, PT atau pun pelaksana yang melaksanakan pembangunan proyek itu,” kata Subagiyo.

Ketua PWI Kabupaten Bogor Subagiyo memastikan, PWI tidak terkait apapun dalam pengerjaan proyek tersebut atau sejumlah proyek di Kabupaten Bogor.

Subagiyo juga menyatakan tidak menutup kemungkinan ada oknum-oknum yang mengaku-ngaku atau berlindung dengan mengait-ngaitkan lembaga PWI.

” Orang yang disebut – sebut sebagai anggota PWI itu kami pastikan tidak terdata sebagai anggota dan tidak memiliki hubungan apapun dengan lembaga PWI. Termasuk kontraktor tersebut juga asal ngomong, atau hanya mengklaim saja,” jelasnya.

“Kami juga sudah mengirimkan surat panggilan kepada pihak penyedia jasa proyek tersebut untuk meminta klarifikasi atau penjelasan mengenai lembaga PWI yang disebut – sebut oleh personil pelaksana proyek. Kami berikan waktu 2×24 jam untuk hadir di kantor”, lanjut Subagiyo.

Subagiyo menegaskan, PWI adalah lembaga profesi, bukan perusahaan jasa konstruksi, karena itu, bila ada oknum yang menyatakan keterkaitan PWI dengan proyek, jelas telah mendiskreditkan lembaga profesi kewartawanan yang terbesar dan tertua di Indonesia ini.

Ketua PWI Kabupaten Bogor Subagiyo juga selalu menghimbau kepada seluruh wartawan, baik yang tergabung dalam kepengurusan atau keanggotaan PWI maupun kepada seluruh insan pers untuk tetap menjunjung tinggi etika jurnalistik.

“Menyikapi permasalahan ini, saya mengimbau kepada seluruh kawan-kawan wartawan, khususnya yang tergabung di PWI untuk menjunjung tinggi kode etik pers. Sebab, itulah pedoman wartawan dalam menjalankan tugas profesinya sebagai seorang pemburu berita dalam menggali informasi yang akan disampaikan kepada halayak publik agar tidak menjadi berita atau informasi hoax yang dapat merugikan kelompok, golongan, atau individu seseorang,” pungkasnya.(Joe)

News Feed