oleh

Harapan Yukki Nugrahawan Hanafi (Ketua Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia, Dalam Acara Public Expose Pelabuhan Patimban

-Nasional-91 views

Kompasindo.net – Mengawali Tahun 2021, Kementrian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI), Menggelar Acara Public Expose Pelabuhan Patimban, Subang Jawa Barat dengan Tema “Wajah Modern Pelabuhan Di Indonesia”, Pada Kamis, 07 Januari 2021, berlokasi di The Ballroom Jakarta Theater Buiding Jakarta Pusat.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa Pada Bulan Desember lalu Presiden Joko Widodo telah melakukan peluncuran awal percobaan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban yang nantinya akan menjadi gerbang maritim yang sangat penting untuk Indonesia, dan juga dunia internasional yang nantinya mampu menciptakan efisiensi logistik bagi usaha khususnya dan membuka lapangan kerja, membuka investasi baru dan mendorong kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Dalam acara Public Expose ini, selain secara Zoom Webinar dan Live Streaming Media Indonesia, Kementrian Perhubungan Menghadirkan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi. dan Tadayuki Miyashita (Minister of Economic Affairs of the Embabassy of Japan) serta pembicara R.Agus H. Purnomo (Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI). Hedy Rahadian (Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI). Taufik Bawazier (Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Electronika. Kementerian Perindustrian RI). Heru pambudi (Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan RI) dan Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat. Serta Yukki Nugrahawan Hanafi (Ketua Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia).

Dalam paparannya yukki memaparkan tentang situasi dan kondisi indonesia saat ini dimana kondisi ekonomi saat ini tidak terlalu menguntungkan, namun sejak tahun 2016, asosiasi maupun pelaku usaha mempunyai sebuah pelabuhan yang disebut sebagai “The face integrated supply chain port in Indonesia”

“Kita bisa lihat dan mencoba untuk merangkum dari semua kepentingan. tentunya hal ini akan memberikan dampak yang sangat baik. Karna kalau bicara integrity, kita bicara supply chain”, ungkap Yukki.

lebih lanjut Yukki menjelaskan bahwa hal itu akan menggabungkan semua stakeholder, untuk bagaimana kita bisa bersama sama membangun bangsa ini,” ungkapnya.

Menurut yukki Pelabuhan merupakan salah satu kunci penting dari berbagai bidang usaha khususnya logistik karena itu Alangkah baiknya jika kita juga memahami dari sisi perspektif pelaku usaha,”ungkapnya.

“ Kita bisa lihat dari perspektif lautnya dan juga dari sisi yang lainnya, untuk bagaimana kita akan membangun sebuah kota, karena dari keseluruhan sudut pandang ini akan tercipta sebuah konsep kota megapolitan, seperti halnya yang disampaikan oleh pak gubernur.

Selain itu kita juga melihat bagaimana hal ini akan menarik investasi yang mana tentunya hal ini sangat dibutuhkan dalam rangka membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, seperti juga yang telah disampaikan oleh pak gubernur dan juga pak menteri serta Pak Dirjen yang berkaitan dengan Pelabuhan Patimban ini,” ungkapnya.

Kita bisa melihat dalam perjalanan Hampir 1 tahun yang lalu bagaimana Pelabuhan ini menjadi sebuah pelabuhan yang modern digitalisasi tapi di sisi lain juga mempunyai kekhususan dari segi perspektif condition.

“ Kami yakin Patimban ini mempunyai potensi yang sangat besar kedepan, oleh karena itu untuk dapat segera merealisasikan hal tersebut kami sangat membutuhkan dukungan, bantuan serta kerjasama dari Dirjen Bina Marga kementerian PU PR.

” Dimana menurut kami hal ini menjadi salah satu kunci sukses, jadi kalau Kementerian Perhubungan yang sudah membangun pelabuhannya dari sisi lautnya, maka tentu kita juga membutuhkan pembangunan dari sisi infrastrukturnya.

” Dan kami berharap pada akhir 2023 seiring dengan pembangunan yang sudah berjalan sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentu kami sangat yakin dan berbahagia jika Pemerintah Pusat, Kementerian, serta pemerintah daerah Bersatu dan bekerjasama dalam satu kesatuan stakeholder untuk bersama-sama membangun bangsa ini, dimana Tentunya tidak cukup dengan pelabuhan Patimban saja seperti pesan pak menteri, tetapi juga pelabuhan yang ada di seluruh Indonesia” pungkas Yukki.

News Feed