oleh

PELABUHAN PATIMBAN DI RESMIKAN PRESIDEN JOKO WIDODO DARI ISTANA BOGOR

-Nasional-66 views

Subang Jawa Barat, Kompasindo.net- Pelabuhan Patimban resmi dioperasikan secara terbatas hari ini ( Minggu 20/12). Peresmian soft launching dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Bogor jam 13.30 WIB dan disiarkan secara virtual.

Dalam kata pembukaan sebelum meresmikan untuk beroperasinya Pelabuhan Patimban, Joko Widodo menjelaskan Pelabuhan Patimban berfungsi untuk memperkuat Pelabuhan Tanjung Priok, yang sekarang semakin padat dan membuat kemacetan semakin tinggi.

” Pelabuhan ini nantinya akan menopang ekspor;” tegasnya.

Dikatakan juga untuk saat ini akan melayani muatan kendaraan, dan akan terus dikembangkan kapasitas layanan.

“Nantinya akan menjadi pelabuhan yang meningkatkan ekspor otomotif,” katanya.

Presiden juga minta pelabuhan baru itu juga nantinya bisa melayani komoditas lainnya.

“Pelabuhan ini harus terkonsolidasi dengan pembangunan lainnya, termasuk sentra-sentra industri sehingga kegiatan distribusi bisa lebih efisien,” katanya.

Sebelum peresmian Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berada di Pelabuhan Patimban memaparkan bahwa keberadaan pelabuhan Patimban akan membuat pertumbuhan perekonomian masyarakat, sentra perekonomian di wilayah Jawa Barat dan meningkatkan pelayanan ekspor impor dari sebelumnya.

“Pengoperasian Pelabuhan Patimban akan menjadikan perekonomian di daerah dan perekonomian nasional tumbuh berkembang,” ungkap Budi Karya Sumadi dalam laporannya. (Hsn)

News Feed