oleh

KPU Kota Depok Klarifikasi Terkait Rapat Persiapan Penetapan Calon Terpilih Walikota & Wakil Walikota Depok

-Profil-131 views

Depok, 20 Januari 2021 – KPU Kota Depok menggelar agenda Rapat Persiapan Penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih pada Pilkada Kota Depok 2020 di Hotel Bumi Wiyata, Margonda Raya Kota Depok pada hari Rabu, 20 Januari 2021 yang dihadiri para pemangku pejabat-pejabat kota Depok, perwakilan Kepolisian Kota Depok dan Wartawan Cetak & Online baik Daring maupun Luring di Masa PSBB Ketat Kota Depok.

Seperti yang dijelaskan Nana Shorbana (Ketua KPU Depok) melalui sambutan pembukaan Rapat Persiapan Penetapan Walikota & Wakil Walikota Kota Depok di Hotel Bumi Wiyata bahwa : Dalam perubahan agenda penetapan Walikota dan Wakil Walikota Kota Depok pada hari ini diubah menjadi rapat persiapan Penetapan Walikota dan Wakil Walikota Kota Depok dikarenakan KPU Kota Depok belum menerima surat dinas dari KPU RI terkait dengan kegiatan penetapan tersebut, mengingat pada saat ini KPU RI pun tengah menunggu surat dari MK tersebut terkait dengan buku register perkara konstitusi (BRPK) yang akan menjadi dasar bagi KPU Depok dalam pleno ataupun dalam menetapkan pasangan calon terpilih Kota Depok.

Karena ada salah satu klausul dalam keputusan yang akan dibuat KPU Depok belum terpenuhi sehingga mau tidak mau kami pada saat ini ingin menyampaikan bahwa kita akan melakukan penundaan rapat pleno terbuka untuk penetapan pasangan calon Kota Depok yang seyogyanya hari ini dilaksanakan karena masih ada satu klausul dasar yang masih kami tunggu dan nantikan yaitu tadi BRPK yang belum disampaikan oleh MK kepada KPU RI yang itu menjadi dasar penetapan pasangan calon Kota Depok sehingga kami pada kemarin pun telah menyampaikan hal ini kepada KPU Provinsi Jawa Barat, kami kemarin melaksanakan kegiatan rapat koordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat dengan 8 Kabupaten/Kota penyelenggara pilkada tahun 2020 yang lalu. KPU Kota Depok menyampaikan bahwa sudah sangat siap untuk melakukan kegiatan pleno terbuka penetapan walaupun demikian arahan dari KPU Provinsi Jawa Barat tetap menunggu sebagai dasar, salah satu dasar penetapan tersebut sehingga diarahkan kepada KPU Depok bagi daerah-daerah yang sudah terlanjur mengundang silahkan saja dilaksanakan kegiatan yang lain yang sifatnya rapat persiapan untuk rapat kegiatan penetapan ini sehingga kamipun melaksanakan daripada arahan dari KPU Provinsi Jawa Barat yang memang seyogyanya dari jauh-jauh hari juga telah memberikan perintah bagi KPU Depok untuk melakukan penetapan pertanggal 20 Januari 2021.

Kondisi kita pada saat ini yang keadaannya sama kita sudah sangat siap melaksanakan kegiatan penetapan sudah kemudian menyebarkan undangan itu ada 3 daerah yaitu Kota Depok, Karawang, dan Cianjur yang sifatnya itu KPU Kota Depok sudah sangat siap untuk melaksanalan penetapan ini. Tetapi ini diluar prediksi kami sebelumnya perlu menyampaikan klarifikasi ini kepada para undangan pejabat-pejabat Kota Depok untuk memanfaatkan hari ini untuk melakukan rapat kegiatan penetapan Walikota dan Wakil Walikota Kota Depok.

“Kita akan tetapkan paslon terpilih tanggal 21 Januari 2021, Kamis besok ungkap Ketua KPU Depok Nana Shobarna.

Usai menetapkan pasangan calon, selanjutnya dilakukan pengajuan paslon untuk pelantikan kepada Kementerian Dalam Negeri dan Pemprov Jawa Barat. “Setelah penetapan paslon terpilih, tanggal 21 Januari 2021 ini kita ajukan,” ujarnya.

Adapun juga terkait penetapan paslon terpilih Walikota Depok tersebut, menurut penyampaian Ardiansyah (perwakilan dari Anggota Bawaslu) melalui wawancara dengan Wartawan Online “kalau Bawaslu sebelumnya sudah menyampaikan kemarin itu terkait ketika kami menerima surat, kita sudah dipersiapkan dan sudah dikoordinasikan berkaitan dengan pelaksanaan rapat pleno karena menurut aturan di KPU itu sendiri harus adanya informasi dari MK terkait penetapan itu keluarnya permohonan akreditasi di MK, artinya MK mengeluarkan surat ke KPU Depok tapi sampai saat hari ini surat BPRK tersebut belum keluar. Maka dari itu KPU pusat sudah berkoordinasi dengan KPU Depok yang pada akhirnya KPU Depok menyampaikan bahwasanya kegiatan penetapan hari ini diralat atau dibatalkan sambil menunggu surat tersebut dari MK yang kemungkinan diperkirakan 3 hari setelah MK mengeluarkan surat permohonan registrasi tersebut” tutupnya.

Warga dan pendukung pasangan calon dapat mengikuti proses penetapan calon terpilih melalui live streaming youtube KPU Depok. Hal itu dilakukan untuk mengurangi penyebara Covid-19. “Ya bisa disaksikan melalui live streaming agar para pendukung juga bisa menyaksikan,” pungkasnya. (Supriyanto)

News Feed