oleh

Pelatihan STORYTELLING VISUAL Melalui Virtual Tour

-Profil-117 views

 

Sulawesi Selatan, 22 Januari 2021 – Pandemi COVID19 telah meruntuhkan pariwisata Indonesia, tak terkecuali pariwisata di Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Barru, sehingga perlu inovasi untuk bertahan dan menjaga semangat pelaku pariwisata dalam proses pemulihan. Virtual Tour merupakan salah satu inovasi dimasa pandemi untuk menangkap peluang pendapatan, sekaligus promosi daya tarik wisata.

Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Barru, Yayasan Ekowisata Indonesia atau INDECON melalui program Community Based Ecotourism-Empower Youth for Work (CBT-EYW), menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengembangan produk wisata dengan fokus tentang “Storytelling Visual melalui Virtual Tour”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Januari 2021 Pukul 09.00 – 16.00 WITA secara daring dan luring. Kegiatan luring diselenggarakan di Aula STIA Al Gazali Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan dengan protokol kesehatan yang ketat dan dibina serta dimonitor Satgas COVID19 Kabupaten Barru. Pelatih yang mengisi kegiatan ini adalah Iben Yuzenho selaku Founder Sebumi beserta tim yaitu Dimas Rifqi selaku Eco Travel Consultant & Media Designer serta Pradhipta Octavianto selaku Social Media & Content Coordinator.

Mayoritas peserta pelatihan yang hadir merupakan anak-anak muda dari Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep. Harapannya, kegiatan pelatihan ini dapat membekali sekaligus memotivasi muda-mudi Barru dan Pangkep untuk mengembangkan pariwisata di daerahnya, terutama dalam situasi pandemi sekarang ini, yang mana virtual tour menjadi salah satu cara menarik untuk mengenalkan dan mempromosikan pariwisata daerah. Secara khusus, muda-mudi juga dapat belajar menyusun cerita yang dapat membuat dampak pada orang lain. Selain itu, bagaimana menyusun cerita untuk virtual tour, peserta juga belajar bagaimana membuat konten video profil daya tarik wisata atau video promosi wisata.

Program Community Based Ecotourism-Empower Youth for Work (CBT-EYW) dilaksanakan oleh Yayasan Ekowisata Indonesia (INDECON) dengan dukungan OXFAM Indonesia. Program ini berupaya untuk meningkatkan kapasitas anak muda dalam pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dengan membantu anak muda untuk mengembangkan daya tarik wisata dan produk wisata sebagai bentuk pekerjaan atau wirausaha.

Pandemi COVID19 telah meruntuhkan sektor pariwisata. Virtual Tour merupakan salah satu inovasi d imasa pandemi untuk menangkap peluang pendapatan, sekaligus promosi daya tarik wisata. Guna mendorong hal tersebut, Yayasan Ekowisata Indonesia (INDECON) dengan dukungan OXFAM melaksanakan kegiatan pelatihan Pengembangan Produk Wisata “Storytelling Visual Melalui Virtual Tour” pada hari Jumat, 22 Januari 2021 Pukul 09.00 – 16.00 WITA secara daring dan luring; sebagai bagian dari proyek Community Based Tourism – Empower Youth for Work (EYW). (Supriyanto)

News Feed