oleh

Presiden Jokowi Akan Lantik Komjen Sigit Sebagai Kapolri Rabu (27/01/21)

-Profil-111 views

Jakarta – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo secara resmi sebagai Kapolri, di Istana Negara Jakarta, pada Rabu (27/1/2021).

“ Insha Allah beliau (Komjen Sigit) pada hari Rabu, tanggal 27 pekan ini. Insha Allah jika tidak ada halangan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono, di kantor Divisi Humas Polri, Jakarta, Senin (25/1).

Sebelumnya, DPR menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan PPATK pada Kamis (14/1) dan Kompolnas pada Senin (18/1), dan dilanjutkan dengan uji kelayakan dan kepatutan pada Rabu (20/1).
Melalui rapat paripurna, DPR kemudian menyetujui pengangkatan Komjen Sigit sebagai Kapolri ke 25.

Mabes Polri menyebutkan bahwa pelantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara digelar Rabu (27/1). Pada pelantikan itu, Sigit akan naik pangkat menjadi jenderal bintang empat.

“Pelantikan di Istana Negara, rencananya ya (hari Rabu),” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono ketika dihubungi, Minggu (24/1).

Selesai pelantikan di Istana Negara, akan dilanjutkan dengan acara pisah sambut di internal dan juga menggelar commander wish Kapolri baru. “Ya rencananya begitu,” imbuh Argo.

Namun belum jelas juga apakah commander wish yang diikuti pejabat utama Polri itu digelar secara virtual karena situasi pandemi Covid-19.

Diketahui, Komjen Sigit telah siap dilantik sebagai Kapolri. Hal ini dipastikan setelah rapat paripurna DPR mengesahkan keputusan Komisi III yang menyetujui pengangkatan Komjen Sigit sebagai Kapolri.
Pada saat uji kepatutan dan kelayakan Rabu (20/1), Sigit menjanjikan Polri yang Presisi di bawah kepemimpinannya. Yakni prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

Upaya pemolisian prediktif dilakukan berdasarkan analisis fakta, data, dan informasi yang didukung kemajuan dan perkembangan teknologi, sehingga tindakan kepolisian akan lebih tepat dan menyelesaikan permasalahan secara tuntas.

Selanjutnya, responsibilitas dimaknai sebagai rasa tanggung jawab yang diwujudkan dalam ucapan, sikap, perilaku, dan responsibilitas menjalankan tugas untuk menjamin kepentingan masyarakat dalam menciptakan keamanan.

Sementara transparansi berkeadilan merupakan realisasi dari prinsip, cara berpikir, dan sistem yang terbuka, akuntabel, dan humanis. Polri terbuka untuk diawasi sehingga pelaksanaan tugas-tugas kepolisian dapat menjamin  keamanan dan keadilan masyarakat. (Supriyanto)

News Feed