oleh

Dinas Penanggulangan Kebakaran & Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta Merayakan HUT Ke-102 Secara Virtual

-Jabodetabek-218 views

Jakarta, 1 Maret 2021 – Dalam rangka merayakan HUT 102 Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta di Gedung Dinas Damkar, Jl. KH. Zainul Arifin no.71 Jakarta Pusat yang dilakukan secara Virtual dan offline berjalan sesuai dengan Protokol Kesehatan 3 M. Acara yang juga dibarengin dengan santunan beberapa anak yatim piatu yang diinisiasi oleh Komunitas Dharma Wanita Pemadam Kebakaran.

 

Pemahaman masyarakat terhadap dinas penanggulangan kebakaran itu, bahwa tugas pemadam bukan hanya penanggulangan kebakaran tapi fungsi penyelamatan juga merupakan bagian daripada petugas pemadam kebakaran penyelamatan itu berbagai macam kegiatan contohnya membantu masyarakat saat kesulitan, pemadam kebakaran, menangani korban banjir, dll.

Dalam peningkatan kualitas SDM pemadam kebakaran yaitu seperti yang dijelaskan Satriadi (Kadis Damkar DKI Jakarta) adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan itu bukan hanya kebakaran tapi penyelamatanpun itu dinamikanya sering berubah tergantung dari masyarakat dalam hal bagaimana penanganan hewan liar secara petugas damkar sudah bisa menangani hewan liar tersebut tapi itu juga ada tuntutan bagi damkar dalam hal bagaimana meningkatkan SDM dan SOP Sarana dan Prasarana itu juga menjadi bagian tuntunan bagi damkar bagaimana agar bisa mengoptimalkan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kalau Gubernur DKI Jakarta sangat mengapresiasi dan selalu memberikan semangat, memberikan dorongan pada petugas damkar kepada petugas damkar terutama dari segi sarana dan prasarana terutama penambahan pos yang mana peraturan yang ada yaitu tiap kelurahan menyediakan 1 pos tahun 2021 ini aja sudah nambah 7 pos baru (pos ini kaitannya dengan lokasinya, SDMnya, sarana dan prasarananya) karena dengan menambah pos konsekuensinya harus ada penambahan SDM lagi dan menjadi daya pengembangan kita ke depan yang berharap akan ada juga penambahan petugas damkar DKI Jakarta.

Setiap pelaksanaan penanganan banjir selalu ikut serta terutama terkait dengan penyedotan daerah-daerah perkampungan yang terjadi adanya genangan air yang dibantu sudin-sudin dan dinas-dinas SDM terkait untuk melakukan penyedotan dalam menangani banjir.

Setiap dalam perayaan Ulang Tahun Damkar adalah momentum dalam mengevaluasi diri atau lebih baik lagi kedepannya terutama kaitannya dengan profesionalisme, kemampuan, SDM, dan sarana prasarana juga akan terus dilakukan peningkatannya. Disampaikan juga tuntutan – tuntutan masyarakat kaitan dengan tugas pokok dan fungsi petugas damkar semakin meningkat karena bukan hanya penanggulangan kebakaran saja tapi penyelamatan juga merupakan bagian dari petugas pemadam kebakaran. (Supriyanto)

News Feed