oleh

Majelis Lucu Indonesia (MLI) Pertama Kali Mengadakan “Naked Comedy” Secara Offline Di Bioskop CGV GI Jakarta

-Nasional-271 views

Jakarta – Majelis Lucu Indonesia (MLI) pertama kali diadakan secara offline tahun 2021 di CGV Grand Indonesia menghadirkan acara stand up, karena tahun lalu sebelumnya MLI mengadakan stand up secara virtual/online yang bekerja sama dengan CGV dimana acara stand up tersebut dinamakan “Naked Comedy”.

Naked Comedy yang diprakarsai MLI bekerjasama dengan CGV Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghadirkan para komika-komika yang berpengalaman di bidang dunia lawak yaitu Mamat Alkatiri, Priska Baru Segu, Coki Pardede, Marshel Widianto, Adriano Qalbi, dll memberikan kepuasan para penonton yang hadir di dalam bioskop CGV Grand Indonesia Jakarta pada hari sabtu, 27 Februari 2021.

Naked Comedy ini juga dihadiri penonton berjumlah 200 orang dari target 300 kursi yang disediakan oleh CGV Grand Indonesia Jakarta karena 50 persennya disediakan untuk patner, tamu VIP, beberapa instansi Pemerintah dan para awak media dengan harga tiket 150 ribu dan 230 ribu terjual sold out.

Seperti yang dikatakan Gianluigi (General Manager MLI) dihadapan awak Media bahwa acara Naked Comedy itu adalah acara reguler dari MLI setiap bulannya dan kali ini kita bareng sama CGV untuk mengadakan stand up kembali disaat tengah-tengah pandemi covid-19. Jadi MLI mengadakan acara naked comedy ini dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah seperti mengurus izin ke Kemenparekraf, pihak gedung dan keamanan. Menurut pendapatnya di satu sisi kalau diadakan acara musik untuk penontonnya diatur posisinya berdiri dan bisa berkerumun, sedangkan stand up comedy kita bisa mengatur kapasitas 50% tempat duduk penonton di dalam bioskop sesuai dengan protokol 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak).

Secara singkat terkait dengan sejarah MLI yaitu hadirnya MLI berawal dari akun twitter di tahun 2012 (dulunya semacam trolling, jokes-jokes, selegram-selegrip, cap gak lucu) yang pada akhirnya menjadi sorotan media di tahun tersebut. Diujung tahun 2018 MLI membuat acara untuk pertama kali di Pong me! Ping Pong Lounge Jakarta Selatan dimana waktu itu acara tersebut MLI meroasting Kiki Coboy Junior dan Sherly Cherybelle. Yang pada akhirnya acara selanjutnya MLI juga mengadakan acara di Kuningan City secara lokal stand up comedy (kapasitas penontonnya 1000 dengan harga tiketnya 500 ribu sampai 1 juta – sold out), dari situlah MLI menjadi sebuah perusahaan yang pernah bekerja sama dengan CGV di tahun 2018-2019 (meroasting Penista di CGV Jakarta, pernah meroasting anak Presiden Gibran Kaesang di Solo) yang pernah dibuat MLI sebelum pandemi covid-19.

Terpilihnya komika di acara Nacked Comedy adalah kebanyakan dari Indonesia Timur seperti Mamad Alkatiri, Priska, Fais Marabessy, Marsel, dll berdasarkan tema dari acara tersebut atau keseragaman dari para penampil. Adapun tema dari acara tersebut adalah “New Experience” dimana para komika ini sudah lama tidak manggung dan pengen tampil didepan penonton yang sempat tertunda dikarenakan pandemi covid-19, sedangkan komika-komika tadi adalah yang pernah mengambil jokes secara online.

Naked Comedy yang pertama kali kita bikin itu kebebasan berbicara (artinya naked : telanjang, bebas berekspresi, bebas ngomong, apapun yang menjadi sebuah keresahan yang diomongkan di panggung). MLI ingin membikin panggung dan mengakomodir temen-temen stand up comedy untuk ngomong apa aja karena di online itu sangat terbatas atau tidak semudah bebas bicara seperti di panggung saat ini Naked Comedy karena penonton tidak boleh merekam di acara stand up tersebut.

Untuk acara stand up comedy berikutnya MLI ada timelinenya dengan CGV untuk bisa menjadi reguler di tengah pandemi covid-19 dan juga pihak CGV memberikan kabar kepada MLI bahwa dari Kemenparekraf memberikan izin untuk timelinenya dalam setahun diadakan berapa kali dan Kemenparekraf memberikan support kepada MLI dan CGV Jakarta.

Gianluigi (GM MLI) berharap temen-temen komika diluar sana dimasa pandemi ini apapun yang terjadi bukan berarti membuat mereka terbatas dalam berkarya dan MLI juga berusaha menghadirkan panggung buat para komika lainnya bisa berekspresi seperti dulu walaupun jumlah penonton semakin berkurang dan menggunakan masker jangan sampai membuat mereka berhenti menulis materi atau berhenti berkarya dan semoga dengan adanya Naked Comedy bareng bersama CGV bisa membuka kesempatan buat teman-teman komika lainnya ini lebih ke industri kreatif dan membuat panggung-panggung lebih banyak lagi supaya industri kreatif tetap berjalan terus di masa pandemi covid-19.

Harapan Gianluigi (GM MLI) terhadap Pemerintah Pusat, semoga ruang diskusi semakin banyak sehingga kita bisa bertukar pikiran bagaimana industri kreatif ini bisa berjalan jangan hanya dilarang tapi ada solusinya. Menteri Parekraf Sandiaga Uno sudah memberikan lampu hijau dari hasil pertemuan dengan aparat berwajib untuk membuka keran dunia industri kreatif terhadap para pelaku kreatif untuk bisa kembali berkreasi sesuai dengan bidangnya mereka dengan berharap MLI dan CGV bisa menjadi pembuka pintu dan barometer untuk acara-acara atau event yang diselenggarakan ditengah-tengah pandemi covid-19. (Supriyanto)

News Feed