oleh

Satgas Pamtas Yonarhanud 16 Kostrad bersama Imigrasi laksanakan Operasi Gabungan dengan Tim Pengawasan Orang Asing Imigrasi Kabupaten Nunukan

-Hankam-335 views

Jakarta, Kompasindo.net –  Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Arhanud (Yonarhanud) 16 Kostrad Pos Kotis turut serta dalam pelaksanaan Operasi Gabungan Tim Pengawas Orang Asing bersama Imigrasi kabupaten Nunukan jalan Ujung Dewa, Desa Sedadap, Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Jumat (19/3/2021).

Hal ini disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16 Kostrad Mayor Arh Drian Priyambodo, S.E., dalam keterangan tertulisnya di Makotis Satgas Pamtas RI-Malaysia jalan Fatahilah, Kabupaten Nunukan.

Kegiatan diawali, dari Kantor Imigrasi menuju PT. PIPIT MUTIARA JAYA ( PMJ ) di Jl. Ujang Dewa RT.11 Kel. Selisun Nunukan Kec. Nunukan Selatan Kab. Nunukan. Setelah tiba di Kantor PIPIT MUTIARA JAYA (PMJ) di lanjutkan Pemeriksaan dan terdapat Keberadaan lima orang asing yang bekerja di Perusahaan PIPIT GROUP Beserta Pemeriksaan Dokumen Meliputi, Pasport, KITAS ( Kartu Izin Tinggal Terbatas ), SKTT ( Surat Keterangan Tempat Tinggal ) setelah diperiksa dokumen hampir semua lengkap, hanya SKTT yang tidak bisa mereka tunjukan. Setelah itu, tim bergerak dari Kantor PT. PIPIT MUTIARA MANDIRI Menuju pelabuhan Speed boat Aji Putri untuk dilaksanakan pemeriksaan kepada penumpang dan barang.

Dansatgas menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menjaga tetap terpeliharanya keamanan dan kepentingan nasional dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat keberadaan dan kegiatan orang asing, dengan mengacu kepada kebijakan pemerintah dibidang keimigrasian yaitu selective policy bahwa visa hanya diberikan kepada Orang Asing yang memberikan manfaat serta tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum untuk diperbolehkan masuk dan berada di wilayah Indonesia.

“Dibentuknya Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) sangat penting sebagai wadah koordinasi dan sinergitas pengawasan orang asing sesuai dengan tugas Pokok dan fungsi masing-masing institusi.”
Pungkas Dansatgas.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Kasinteldakim Kelas II TPI Nunukan Reza Pahlevi, A.Md.Im., S.H, Dansatgas SGI Kapten Inf Hery S., Dantim Bais TNI Kapten Budianto, Pasi intel Satgas Pamtas RI – Malaysia Lettu Arh. Bayu Sekti, Paur Ops intel Lanal Nunukan Letda Laut (P) Arif Kurniawan, Bea Cukai Nunukan Yoni Erik K, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Hj. Suharti, S.Sos, Kepala Kesbangpol Kabag POA April Tibian, BNNK kabupaten Nunukan Aga Gautama, KSOP Nunukan Ahmad Tang, UPT BP2MI Nunukan Asriansyah, Kejari Kabupaten Nunukan Alfin Nugroho.

Selama kegiatan tersebut berlangsung, tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, guna mencegah penyebarana Covid-19. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Haryantana, S.H.

News Feed