oleh

KDPP KMDT Menggadakan Pelantikan KMDT DPW DKI Jakarta 2021-2026 & FGD Provinsi DKI Jakarta Sebagai Corong Wisata Danau Toba

-Nasional-172 views

Jakarta, 1 April 2021 – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) terus meningkatkan keterlibatannya dalam upaya pembangunan kawasan pariwisata danau toba. Sebagai bentuk keseriusannya, DPP KMDT secara terus menerus melakukan konsolidasi untuk membentuk kepengurusan di berbagai kabupaten se kawasan danau toba dan sejumlah daerah di Indonesia. Awal April 2021, DPP KMDT melantik susunan kepengurusan wilayah (DPW) Provinsi DKI Jakarta.

Acara Pelantikan dibuka oleh Jupiter Sitirorus (Ketua Rapinmas KMDT) tersebut dengan membacakan Nama-nama Pengurus KMDT DKI Jakarta 2021-2026 berjalan dengan mematuhi protokol kesehatan. Acara ini diadakan pada hari Kamis, 1 April 2021, di Hotel Borobudur, Lapangan Banteng Jakarta.

Adapun dalam Pelantikan KMDT DPW DKI Jakarta dihadiri oleh Pejabat Negeri dan Pengurus-pengurus KMDT seluruh Indonesia baik secara Virtual maupun Online yaitu :

1. H. Bambang Soesatyo ( Ketua MPR RI dan Ketua Dewan Pembina DPP KMDT)
2. Dr. Azis Syamsudin, SH MH (Wakil Ketua DPR)
3. H. Sandiaga Uno (Menparekraf)
4. Anies Baswedan (Gubernur DKI)
5. Ahmad Riza Patria (Wakil Gubernur DKI)
6. Edy Rahmayadi (Gubernur Sumatera Utara)
7. Nikson Nababan (Bupati Tapanuli Utara)
8. Otto Hasibuan ( Ketua Dewan Pakar Bidang Hukum DPP KMDT)
9. Binari Manurung (Ketua Dewan Pakar KMDT DPW Propinsi Sumatera Utara)
10. Edison Manurung (Ketua Umum DPP KMDT)
11. Sony W. Manalu (Wakil Ketua Umum DPP KMDT)
12. Mangindar Simbolon (Wakil Ketua Umum DPP KMDT)
13. Jupiter Sitorus Pane (Ketua Rapimnas I KMDT 2021)
14. Enni Martalena Pasaribu (Ketua DPW KMDT Propinsi Sumatera Utara)
15. Hasudungan Sihombing (Ketua DPW KMDT Propinsi DKI Jakarta)

“Danau Toba sebagai salah satu sumber daya alam yang harus dilindungi oleh UNESCO dan percepatan pembangunan KMDT harus terlaksana dengan baik” kata pengacara Bela Jokowi tersebut.

KMDT merupakan lembaga kemasyarakatan yang secara swadaya melibatkan diri untuk mendukung dan mendorong Pemerintah serta seluruh stakeholder mewujudkan pariwisata danau toba yang bertaraf internasional.

“Kita tidak bisa tinggal diam, lewat lembaga ini kita akan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan peningkatan pariwisata di Danau Toba. Terutama memastikan keterlibatan masyarakat sekitar serta masyarakat mendapat manfaat dari pembangunan pariwisata tersebut” ujar Enni.

Untuk itulah, sebagaimana pesan dari Ketua Umum Edison Manurung untuk mewujudkan visi dan misi KMDT program kerja yang berkesinambungan menjadi modal besar. Sebab itulah, kepengurusan DPW KMDT DKI Jakarta perlu dibentuk untuk mensukseskan program kerja KMDT.

Ir. Ahmad Riza Patria sebagai Ketua Dewan Penasehat KMDT DPW DKI Jakarta yang juga Wakil Gubernur DKI Jakarta menyampaikan kata sambutannya :

“Pertama tama senantiasa kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan YME bahwa pada hari ini kita dapat berkumpul, bersilaturahmi dalam rangkaian kegiatan pelantikkan DPW Komite Masyarakat Danau Toba DKI Jakarta tahun 2021-2026 dan juga rangkaian kegiatan FGD hari ini. Atas nama Pemprov DKI Jakarta kami menyambut baik prakarsa DPP KMDT atas terselenggaranya FGD dan pelantikkan dewan pengurus wilayah DKI Jakarta yang baru saja dilantik, saya yakin dapat membawa dan memberikan kontribusi yang terbaik bagi kepentingan kita bersama dan khususnya kepentingan pariwisata Danau Toba. Kegiatan ini sangat penting dan stratesgis dilksanakan dalam rangka percepatan destinasi wisata danau toba yang mendunia dan mewujudkan SDM unggul yang merupakan program prioritas pemulihan ekonomi dan peningkatan industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat terdampak akibat pandemi covid 19 yang memang masih berlangsung.

Tema kegiatan yaitu Propinsi Jakarta sebagai corong wisata danau toba dan sub tema danau toba bebas dari polusi bahan bakar minyak dan keramba tentunya saya menyambut baik ini menunjukkan bahwa propinsi DKI Jakarta punya posisi yang penting dalam rangka mempromosikan danau toba. Ini secara tidak langsung juga merupakan apresiasi bagi warga Jakarta. Terima kasih teman teman KMDT khususnya dari DKI Jakarta, FGD dan pelantikkan DPW KMDT Propinsi DKI Jakarta adalah momentum strategis untuk menegaskan bahwa Indonesia memiliki keragaman suku, bahasa, budaya dan agama diikat dengan semboyan Bhinneka Tinggal Ika yang berarti walaupun berbeda beda kita tetap satu.

Dan sekian banyak etnis budaya ditanah air salahsatunya eksis dan menjadi kebanggaan kita bersama adala penduduk dikawasan danau toba yang didominasi suku batak : batak toba, batak karo, batak simalungun dengan beragam seni budayanya yang sangatt kaya dan indah. Danau toba yang telah dikenal dengan keindahan alamnya yang menjadi salahsatu kebanggaan Indonesia sejak lama diakui dunia sebagai salahsatu destinasi kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara dari berbagai negara.

Terkait dengan hal itu kami berharap FGD ini membahas pula nilai nilai penting pembangunan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi ditengah covid 19. Kebanggaan dan rasa memiliki terhadap adat istiadat, budaya dan masyarkat setempat tidak boleh hilang dan teris kita jaga dan semangatnya harus terus digelorakan serta pelaku, pengelola dan pekerja industri pariwisata yang paling bergerak dan terdampak covid 19 harus dapat bangkit dan pulih kembali seperti semula.

Selanjutnya kami berharap DPW KMDT DKI Jakarta diisi oleh para tokoh danau toba yang profesional berdedikasi tinggi dan memiliki visi misi dalam membangun dan mendorong percepatan pariwisata danau toba dan memberi nilai manfaat pada pariwisata Jakarta. Semoga hasil FGD berdampak positif terhadap pariwisata Sumatera Utara, pariwisata danau toba, DKI Jakarta dan masyarakat dikedua daerah tersebut serta meningkatkan kunjungan wisatawan dan mendukung brand pariwisata nasional yaitu wonderful Indonesia.

Selamat berdiskusi dan selamat atas pelantikan DPW KMDT Provinsi DKI Jakarta, kita bangkitkan minat anak dan generasi muda untuk mencintai, mengembangkan, dan mempresentasikan seni budaya asli bangsa, mempersiapkan, membentuk generasi penerus bangsa yang cerdas, berbudaya, bertanggungjawab, sehat jasmani dan rohani, generasi yang bangga terhadap bangsa Indonesia yang budayanya tetap terjaga.” tutupnya.

News Feed