oleh

Makna Peringatan Hari Kartini Di Tahun 2021 Bagi Bunda Milenial : “Perempuan Tangguh Indonesia, Selalu Berkarya Dalam Kondisi Apapun”

-Nasional-326 views

Jakarta – Dalam rangka Memperingati Hari Kartini 21 April 2021, Komunitas Bunda Milenial menggadakan kegiatan bakti sosial pembagian takjil kepada pengguna jalan kawasan sekitar Matraman, buka puasa bersama, menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini & Indonesia Raya, maupun lomba berkebaya dengan masker pada hari Rabu, 21 April 2021 di Resto Handayani, Matraman, Jakarta Timur.

Adapun agenda Komunitas Bunda Milenial saat ini memiliki arti makna t
ersendiri dengan tema : “Perempuan Tangguh Indonesia, selalu berkarya dalam kondisi apapun” berjalan sesuai dengan protokol kesehatan yang dibatasi jumlah kehadiran peserta secara offline hanya 50% aja dan seluruh peserta yang hadir wajib mengenakan kebaya dan kain nusantara, seperti yang dilakukan Ibu Kartini sejak dahulu kala.

“Perempuan Tangguh Indonesia, selalu berkarya dalam kondisi apapun”, adalah tema yang di usung oIeh komunitas perempuan di Bunda Milenial saat memperingati Hari Kartini, 21 April 2021. Ketua Umum Bunda Milenial, Sisca Rumondor menjelaskan ”Teladan Ibu Kartini yang kami ambil adalah sebagai perempuan harus kuat dalam kondisi apapun, harus pintar tetapi tetap menjalankan kodrat sebagai seorang perempuan”.

Di masa sulit seperti saat ini, yaitu pandemi Covid 19, peranan perempuan di tengah keluarga nya, apalagi yang sudah menjadi Ibu, sangat berperan penting. Untuk menopang ekonomi keluarga yang terdampak, banyak para Ibu dan perempuan berupaya keras misal dengan jualan online makanan, aneka kue, sambal, ada juga pakaian, dll, Kursus kilat gunting rambut, agar bisa layani pelanggan di sekitar rumah. Lalu mendadak harus menjadi guru untuk anak-anaknya di rumah, karena sekolah daring/online, dengan tetap menjalani tugas lain yang begitu banyak di rumah. Sebagai istri, tetap support ke suami agar terus mencari nafkah. Dengan kecermatannya juga, Ibu menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga dari pandemi Covid 19. ltulah sosok perempuan tangguh Indonesia yang terus berkarya dalam kondisi apapun”, jelas Sisca kepada awak media.

Di dalam Perayaan Hari Kartini selalu identik dengan busana tradisional, terutama kebaya. Kebaya lekat dengan perayaan hari ini Iantaran RA Kartini juga selalu lekat dengan busana kebaya semasa hidupnya. Hal ini juga di Iakukan oleh seluruh anggota Bunda Milenial di dalam berkegiatan, tidak hanya untuk memperingati Hari Kartini saja. “ Kita harus melestarikan dan mewariskan tradisi berbusana kebaya ini sampai ke anak cucu kita”, jelas Ir. Rini Susilowati, Pembina Bunda Mllenial.

Di acara ini, Bunda Milenial membagikan takjil kepada pengguna jalan, menyanyikan lagu Ibu Kita Kamni, silaturahmi buka puasa bersama dengan jumlah terbatas dan juga Iomba busana berkebaya antar anggota Bunda Milenial. Dan tetap menjalankan protokol kesehatan 3 M dengan ketat juga.(Supriyanto)

Selamat Hari Kartini untuk Perempuan Tangguh Indonesia.

News Feed