oleh

PT Adaro Energy Tbk Sukses Menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

-Ekbis-18 views

Jakarta, Kompasindo.net – PT Adaro Energy Tbk (Adaro Energy) (BEI: ADRO) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Senin (26/04/2021) di Hotel Raffles di Jakarta.

Sebagai langkah pencegahan terhadap penularan COVID-19 dan dengan memperhatikan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID 19 yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia RUPST diselenggarakan secara elektronik dengan pembatasan tertentu terhadap kehadiran secara fisik oleh Dewan Komisaris, Direksi dan pemegang saham maupun kuasa pemegang saham Adaro Energy. RUPST mencapai kuorum sebagaimana yang disyaratkan oleh aturan perundang-undangan yang berlaku.

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Garibaldi Thohir mengatakan:

“Kami menghaturkan terima kasih kepada seluruh pemegang saham atas partisipasi dan dukungannya pada RUPST. Pembahasan agenda RUPST berjalan dengan baik. Karena pandemi COVID-19, RUPST diselenggarakan secara elektronik dengan pembatasan kehadiran para pemegang saham secara fisik. Pandemi COVID-19 sangat mempengaruhi industri batu bara pada tahun 2020 dan menyebabkan penurunan signifikan terhadap permintaan maupun harga batu bara. Di masa pandemi ini, prioritas kami adalah kesehatan dan keselamatan para karyawan dan upaya meminimalkan dampak pandemi terhadap aktivitas operasional. Kami berhasil mencapai panduan dan mempertahankan marjin yang sehat, melalui fokus yang berkesinambungan pada keunggulan operasi dan pengendalian biaya. Kami menjaga komitmen untuk memberikan pengembalian pemegang saham dengan membagikan dividen tunai secara berkala, yang mencapai AS$146,8 juta untuk tahun 2020. Walaupun kami memperkirakan prospek yang lebih positif pada tahun 2021, kami akan terus berfokus untuk meningkatkan keunggulan operasional, pengendalian biaya dan efisiensi dalam rangka mengatasi volatilitas industri.”

RUPST Adaro Energy membahas enam (6) agenda. Pada agenda pertama, para pemegang saham menyetujui dan mengesahkan Laporan Tahunan dan laporan keuangan konsolidasi Perseroan untuk tahun 2020. Para pemegang saham juga membebaskan dan melepaskan secara penuh (acguit ef decharge) seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan dari segala tindakan kepengurusan dan pengawasan yang dijalankan selama tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020.

Pada agenda kedua, para pemegang saham menyetujui untuk menggunakan laba Perseroan untuk tahun fiscal 2020 sebesar AS$147 juta untuk keperluan tertentu. Sebesar AS$146,8 juta, atau 9970 dari laba, akan digunakan untuk membayar dividen tunai, sedangkan sisanya sebesar AS$110,8 juta akan dialokasikan sebagai laba ditahan.

Pada agenda ketiga, para pemegang saham menyetujui untuk menunjuk kembali seluruh anggota Direksi Persercan untuk periode lima tahun berikutnya, efektif sejak akhir RUPST sampai penutupan RUPST Perseroan tahun 2026, dengan komposisi berikut:

  • Presiden Direktur: Garibaidi Thohir
  • Wakil Presiden Direktur: Christian Ariano Rachmat
  • Direktur: Chia Ah Hoo
  • Direktur: M. Syah Indra Aman
  • Direktur: Julius Aslan

Pada agenda keempat dan kelima, para pemegang saham menyetujui penunjukan kembali terhadap Yanto, S.E., Ak., M.Ak., CPA dan Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan, anggota jaringan global PricewaterhouseCoopers di Indonesia, untuk mengaudit laporan keuangan konsolidasi Perseroan untuk tahun fiskal 2021 dan menunjuk Komite Nominasi dan Remunerasi, yang fungsinya dijalankan oleh Dewan Komisaris Perseroan, untuk menentukan honorarium atau gaji, dan remunerasi lainnya untuk anggota anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan untuk tahun fiskal 2021 dengan mempertimbangkan kondisi keuangan Perseroan.

Pada agenda terakhir, para pemegang saham menyetujui perubahan terhadap anggaran dasar Perseroan untuk disesuaikan dengan POJK No.15/POJK.04/2020 mengenai Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham untuk Perusahaan Terbuka. (Hs/red)

News Feed