oleh

Bulan Puasa Tidak Menghalangi Prajurit Yonkav 1 Kostrad Untuk Mendonorkan Darah

-Hankam, TNI-24 views

Jakarta, Kompasindo.net – Prajurit Yonkav 1 Kostrad melaksanakan donor darah di UTD PMI Depok, Jawa Barat. Selasa (27/4/2021).

Letda Kav Ayi Mulyadi mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian sosial dalam membantu sesama dimana hasil donor darah ini dipersembahkan untuk masyarakat.

“Semua orang dapat menjadi pendonor darah jika memenuhi persyaratan. Jangan pernah takut berbuat baik untuk sesama,” tegasnya.

Kegiatan donor darah ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, karena ketersediaan darah di PMI wilayah Kota Depok untuk semua jenis golongan darah semakin menipis.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi semua pihak,” tambah Letda Kav Ayi.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok, Ibu Widya Astriyani mengatakan bahwa stok darah semakin menipis dikarenakan meningkatnya permintaan darah. Tidak hanya dari Kota Depok saja, tetapi juga dari luar daerah. Seperti Jakarta, Bogor dan sebagainya.

Dirinya menuturkan, bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya, bisa langsung mendatangi Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC). Jam operasionalnya masih sama dengan hari biasa yaitu pukul 08.00 – 20.30 WIB.

“Besar harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya,” ucapnya.

Ibu Widya berharap, masyarakat bisa meningkatkan kesadaran untuk membantu sesama dengan mendonorkan darah ke PMI Kota Depok.

Dikatakannya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa yang menyebutkan bahwa donor darah tidak membatalkan puasa. “Bentuk sedekah bukan hanya materi, tetapi bisa juga dengan meningkatkan kepedulian sesama, contohnya sumbang darah,” ujar Ibu Widya. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Haryantana, S.H

News Feed